Benarkah Yahoo! Menyadap Seluruh e-Mail Masuk Penggunanya ?

USA TODAY melaporkan bahwa Yahoo mencari email masuk dari semua pengguna 'atas nama NSA atau FBI.  Ada beberapa pengalaman pertama yang tidak memberikan hak membual - dan dalam kasus Yahoo, itu terutama berlaku jika klaim melibatkan email pelanggan.

Yahoo! Dituduh Menyadap e-Mail Masuk


Yahoo tidak mengkonfirmasi atau menyangkal laporan tersebut, tetapi juga mengatakan itu tidak melanggar hukum apapun. Perusahaan teknologi konsumen besar termasuk Google dan Microsoft mencatat mereka tidak melakukan apa-apa seperti tuduhan yang diklaim oleh laporan Reuters, yang dikutip karyawan ex-Yahoo.

Jika tuduhan itu benar, itu akan menjadi kasus pertama dari sebuah perusahaan Internet berbasis AS yang menelusuri semua pesan masuk dengan memindai pesan yang disimpan atau berfokus pada sejumlah kecil akun. Ini akan menimbulkan pertanyaan serius tentang manajemen Yahoo dipimpin oleh Marissa Mayer, yang sudah banyak dikritik karena kegagalan untuk mengembangkan pendapatan dan jumlah pengguna Yahoo. Hal ini dapat mengancam penjualan Yahoo yang akan dibeli oleh pihak Verizon.

Sebuah laporan yang diterbitkan Reuters Selasa ( 4 Oktober 2016) bahwa Yahoo diam-diam setuju untuk mencari email yang masuk ke 'penggunanya untuk kata atau frase tertentu tetapi tidak diketahui atas nama baik Badan Keamanan Nasional atau FBI atau dari sektor teknologi, terutama semenjak 500 juta akun pelanggan Yahoo diretas berdasarkan informasi dari Yahoo bulan lalu.

NSA Dibalik Penyadapan e-Mail masuk Yahoo!?

Bagi beberapa anggota parlemen dan pendukung privasi digital, hal tersebut juga menimbulkan pertanyaan tentang seberapa jauh pemerintah AS mendorong perusahaan teknologi untuk mendapatkan akses yang semakin mendalam pada data digital mereka - tanpa sepengetahuan konsumen - sebagai eksekutif teknologi berusaha untuk menjauhkan diri dari perintah NSA yang memberatkan seperi memata-matai data konsumen terutama setelah kejadian penyadapan oleh Edward Snowden (Wiki-Leaks)

Sulit untuk mengantisipasi argumen apa yang dapat dibuat oleh pemerintah terhadap program penyadapan tersebut. Pemindaian melibatkan ratusan juta account email Yahoo, seperti yang di jelaskan oleh mantan karyawan Yahoo kepada Reuters. 

Ketika USA TODAY menanyakan ke Yahoo,  mereka mengatakan "Yahoo adalah perusahaan yang taat hukum, dan sesuai dengan hukum Amerika Serikat."

Dalam sebuah pernyataan, Microsoft mengatakan tidak pernah terlibat dalam pemindaian rahasia lalu lintas email seperti Yahoo seperti yang telah diberitakan.

Google mengatakan tidak pernah diminta untuk melakukan sesuatu yang serupa tapi tegas tentang apa yang akan mereka tangapi. "Kami tidak pernah menerima permintaan seperti itu, tetapi jika kita lakukan, respon kita akan menjadi sederhana: 'tidak ada cara'," kata perusahaan itu melalui email.

Lainnya memiliki nada yang sama. Facebook mengatakan tidak pernah menerima permintaan seperti yang dijelaskan berita tersebut. Dan jika itu ada, mereka akan melawannya. Twitter mengatakan: "Kami tidak pernah menerima permintaan seperti ini, dan jika diminta, itu sama saja artinya menantang kami di pengadilan."

Apple, yang berjuang dengan pertempuran privasi iPhone yang dipublikasikan dengan FBI awal tahun ini, mengatakan: "Kami tidak pernah menerima permintaan jenis ini. Jika kita menerima satu, kami akan menentangnya di pengadilan. "

Verizon, pemilik AOL, menolak berkomentar tentang perkembangan jual beli saham Yahoo.

"Saya akan terkejut jika penyedia email besar lainnya tidak juga ditargetkan," kata Joseph Lorenzo Hall, teknolog utama di Pusat Demokrasi & Technology, berbasis DC Washington non-profit.

Perdebatan Kongres

Pengungkapan tentang Yahoo yang akan memicu perdebatan di Kongres berikutnya atas kekuasaan pengawasan yang memungkinkan badan-badan intelijen AS untuk membaca isi 'email' dari Amerika, percakapan ponsel dan komunikasi elektronik lainnya.

Ini adalah catatan publik bahwa program pengawasan yang luas ini adalah dasar untuk penggeledahan email di Amerika secara ilegal. Kekuasaan pengawasan pemerintah berdasarkan Pasal 702 dijadwalkan berakhir pada akhir 2017.

Yahoo di Kursi Panas

Menurut cerita Reuters, keputusan untuk melakukan penyadapan menyebabkan kepala keamanan informasi Yahoo Alex Stamos pindah kerja pada bulan Juni 2015 setelah 16 bulan di posisi tersebut. Stamos kemudian menjadi kepala keamanan di Facebook pada bulan yang sama.

Dalam sebuah posting di Facebook dia mengumumkan kepindahannya, Stamos mengatakan, "Internet telah menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menghubungkan dunia dan memberikan individu akses ke peluang pribadi, pendidikan dan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah manusia. Manfaat ini bukan tanpa risiko, dan itu adalah tanggung jawab dari industri ini untuk membangun sistem yang paling aman, produk yang paling dapat dipercaya sebisa mungkin."

Yahoo pada bulan-bulan akhir dari proses penjualan, telah melambungkan lagi nama Mayer. Sebuah lelang pada bulan Juli dengan Verizon muncul sebagai pemenang tender, akan membayar US $ 4,8 milyar untuk operasi bisnis Yahoo, termasuk teknologi iklan dan konten online populer seperti Yahoo Sports, Yahoo Finance dan situs micro-blogging Tumblr.

Tapi proses penggabungan telah ditunda dua pekan lalu bahwa perusahaan menjadi korban dari salah satu pelanggaran data terbesar yang pernah ada. Setidaknya 500 juta rekening Yahoo dicuri dari tahun 2014 dengan pertimbangan yang hack adalah aktor yang disponsori negara, kata Yahoo. Data yang diperoleh mungkin termasuk nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, dan dalam beberapa kasus, pertanyaan keamanan dienkripsi atau tidak terenkripsi dan jawaban pertanyaan keamanan.

Verizon belajar lebih banyak tentang pelanggaran dan masalah NSA ini, dan bisa membatalkan kesepakatan.

Memperdalam kekhawatiran tentang kepercayaan konsumen pada merek Yahoo - dua pelanggaran besar kepercayaan back-to-back akan menyebabkan kegemparan di lingkaran dalam dari setiap tim akuisisi, kata Carson Manis, kepala kantor teknologi dan pendiri CloudPassage, San Francisco perusahaan cloud cybersecurity. "Verizon harus memutuskan betapa pentingnya kepercayaan dan goodwill dari pengguna Yahoo".

Verizon menolak berkomentar tentang perkembangan.

Google dan Facebook telah mengurangi porsi bisnis iklan digital Yahoo. Transaksi dengan Verizon ditawarkan dengan cara untuk mendapatkan beberapa saham bernilai dari bisnis inti, sementara juga membuka 15% saham Yahoo di Alibaba, yang bernilai sekitar $ 40 miliar.

Saham Yahoo (YHOO) ditutup naik sedikit 0,12% ke $ 43,18. Verizon saham (VZ) turun 1,20% menjadi $ 51,26.

Komentar

Postingan populer dari blog ini